Sabtu, 28 Mei 2011

Matematika Dasar Sedekah

Apa yang kita lihat dari matematika di bawah ini??
10 – 9 =19
Pertambahan ya? Bukan pengurangan?
Kenapa matematikanya begitu?
Kok di kurangi hasilnya malah lebih besar?
Kenapa bukannya 10 – 1 = 9?
Inilah kiranya matematika sedekah. Dimana ketika kita memberi apa yang kita punya, Allah justru akan mengembalikannya lebuh banyak lagi. Matematika sedekah di atas adalah matematika sederhana yang di ambil dari QS. Al-An’aam ayat 160 ketika Allah menjanjikan balasan sepuluh kali lipat bagi mereka yang mau berbuat baik.
Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-An’aam: 160)
Jadi, ketika kita punya 10, lalu kita sedekahkan 1 di aantara yang sepuluh itu. Maka hasil akhirnya bukan 9, melainkan 19, sebab yang satu yang kita keluarkan di kembalikan allah 10 kali lipat. Malah allah juga menjanjikan balasan berkali-kali lipat lebih dari sekedar sepuluh kali lipat. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 261, Allah menjanjikan 700 kali lipat.
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” QS. Al-Baqarah: 261)
Tinggalah kita yang kemudian membuka mata, bahwa pengembalian Allah itu ap bentuknnya. Bukalah mata hati dan kembangkan ke-husnudzdzan-an atau sikap posotof thinking kepada Allah, bahwa Allah pasti membalas dengan balasan yang pas bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar